Kamis, 19 Desember 2013

Kepribadian dalam Bekerja

Setiap orang mungkin mempunyai tipe pekerjaan yang berbeda-beda. Ada kalanya orang hanya bisa menjadi seorang konseptor, tetapi ada pula orang hanya bisa menjadi seorang pekerja dimana orang itu hanya menjalankan tugasnya dengan baik tapi tidak bisa menjadi seorang konseptor. Tapi ada pula tipe orang yang multitasking dimana orang tersebut mampu menjalankan kedua tipe di awal dengan baik.

Ketiga tipe diatas memiliki sisi positif dan negatif.

Tipe Konseptor
Positif : - Seorang Pemikir
              - Ide-ide yang diberikan sangat inovatif
              - Masukan saran dan kritik dari seseorang tersebut mungkin sangat membangun
              - Memiliki inisiatif yang sangat tinggi

Negatif: - Orang ini tidak dapat bekerja
              - Tidak memiliki etos kerja yang baik
              - Tidak mampu melaksanakan tugas dilapangan

Tipe Pekerja
Positif: - Bekerja dengan baik bahkan sempurna
             - Melaksanakan semua tugas

Negatif: - Tidak memiliki inisiatif
              - Hanya mampu di suruh
              - Tidak mampu mengeksplor diri

Tipe Multitasking
Positif: - Sebagai Inisiator dan pelaksana di lapangan
            - Mampu mengemban tugas lebih
Negatif: - Kadang dianggap serakah dalam pekerjaan
            
Untuk Tipe Multitasking, tergantung lingkungan disekililingnya menganggapnya seperti apa, apabila pribadi kita sombong dan angkuh atau kita menjadi tipe seperti ini hanya untuk memamerkan kelebihan kita pada atasan kita, mungkin tipe ini sangat buruk.

Tetapi sebaliknya jika, kita memiliki tipe seperti ini, dengan sifat rendah hati, tidak sombong dan mampu menolong pekerjaan orang lain tanpa mengharapkan imbalan, tentunya sifat ini sangat baik.

Menurut kamu tipe seperti apa dirimu jika dikantor?

Pribadi saya sendiri, adalah termasuk tipe yang lebih suka bekerja dari pada menjadi seorang konseptor atau multitasking. Mungkin saya mampu menjadi multitasking tetapi tidak sepenuhnya bisa karena mungkin kepribadian saya masih tidak mampu mengemban tugas sebanyak itu. Jadi saya lebih suka sebagai pekerja walaupun bekerja hanya sesuai job desc dan tidak mampu menyumbang banyak ide dan inisiatif untuk membangun kantor.

Mungkin analisis singkat saya mengenai tipe kepribadian dalam bekerja ini belum sempurna atau bahkan salah sama sekali. Tapi ini mungkin dapat dijadikan pandangan sekilas apabila anda sedang atau ingin melamar pekerjaan.

Saran saya, pilih posisi pekerjaan yang sedang atau ingin anda lamar dengan kualifikasi yang sesuai dengan diri anda. Jadi, anda nantinya akan bekerja sesuai kelebihan dan kekurangan yang anda miliki saat ini.

Selamat Bekerja...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar